Alat Pernapasan…

Alat Pernapasan pada Burung

Gambar

Pada burung, tempat berdifusinya gas pernapasan hanya terjadi di paru-paru. Paru-paru burung berjumlah sepasang dan terletak dalam rongga dada yang dilindungioleh tulang rusuk.Jalur pernapasan pada burung berawal di lubang hidung. Pada tempat ini,udara masuk kemudian diteruskan pada celah tekak yang terdapat pada dasar faringyang menghubungkan trakea. Trakeanya panjang berupa pipa bertulang rawan yangberbentuk cincin, dan bagian akhir trakea bercabang menjadi dua bagian, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. Dalam bronkus pada pangkal trakeaterdapat sirink yang pada bagian dalamnya terdapat lipatan-lipatan berupa selaputyang dapat bergetar. Bergetarnya selaput itu menimbulkan suara.

Bronkus bercabang lagi menjadi mesobronkus yang merupakan bronkus sekunder dan dapat dibedakan menjadi ventrobronkus (di bagian ventral) dan dorsobronkus ( di bagiandorsal). Ventrobronkus dihubungkan dengan dorsobronkus, oleh banyak parabronkus(100 atau lebih). Parabronkus berupa tabung tabung kecil. Di parabronkus bermuara banyak kapiler sehingga memungkinkan udara berdifusi. Selain paru-paru, burung memiliki 9 perluasan paru-paru atau pundi – pundi hawa (sakus pneumatikus) yang menyebar sampai ke perut, leher, dan sayap.

  1. Sepasang pundi-pundi udara di pangkal leher. Pundi-pundi udara ini berguna untuk memperkeras suara.
  2. Satu buah pundi-pundi udara  di antara tulang selangka. Pundi-pundi ini kemudian bercabang-cabang membentuk pundi-pundi udara dan sayap.
  1. Sepasang pundi-pundi udara di dada depan yang berada dalam ruang dada bagian depan
  2. Sepasang pundi-pundi udara di dada belakang yang berada dalam ruang dada bagian belakang
  3. Sepasang pundi-pundi udara diperut yang merupakan rongga tubuh dan dikelilingi oleh lingkaran usus.

Kesembilan pundi – pundi udara itu di bagi menjadi dua kelompok, yaitu pundi – pundi udara anterior dan pundi – pundi udara posterior. Pundi – pundi udara anterior terdiri atas sakus servikalis, sakus interklavikularis, dan sakus torakalis anterior. Adapun kelompok kedua ialah pundi – pundi udara posterior, terdiri atas sakus torakalis posterior dan sakus abdominalis. Paru – paru burung tersusun atas pembuluh – pembuluh vaskuler yang terbuka di kedua ujungnya. Di situlah udara bertukar (dengan aliran satu arah) dari pundi – pundi udara ke luar.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s